POSYANDU LANSIA, POSBINDU PTM DAN POSYANDU BALITA POS 2 DESA NGLONGSOR

Administrator 05 Maret 2024 12:49:10 WIB

Untuk mewujudkan pelayanan kesehatan dasar kepada masyarakat, Pemerintah Desa Nglongsor melaksanakan program posyandu lansia, posbindu PTM dan Posyandu BALITA. Kegiatan ini bertujuan agar kesehatan masyarakat dapat terdeteksi sejak dini jika ditemukan gejala penyakit yang sering di idap oleh kebanyakan masyarakat.

Kegiatan ini rutin diselenggarakan setiap bulan, pada hari selasa pertama di awal bulan. Pada bulan ini Pemerintah Desa Nglongsor telah menyelenggarakan kegiatan tersebut pada hari selasa tanggal 5 Maret 2024 yang berfokus di Aula Desa Nglongsor mulai pukul 08.00 WIB s.d. Pukul 11.00 WIB.

Posyandu Lansia merupakan Pos Pelayanan Terpadu untuk masyarakat usia lanjut 60 tahun keatas yang merupakan warga Desa Nglongsor. Kegiatan ini merupakan suatu fasilitas pelayanan kesehatan yang berada di Desa Nglongsor yang bertujuan untuk meningkatkan kesehatan masyarakat khusunya bagi warga yang sudah berusia lanjut.

Posbindu PTM sendiri merupakan Pos Pelayanan Terpadu Penyakit Tidak Menular yang diperuntukkan bagi masyarakat usia 15 tahun sampai dengan 59 tahun. Strategi dari Kementrian Kesehatan ini adalah salah satu upaya kesehatan berbasis masyarakat yang sekaligus promotif dan preventif dalam menanggulangi penyakit tidak menular. 

Penyakit tidak menular ini diantaranya Diabetes Melitus (DM), Hipertensi, Obesitas, Penyakit jantung, asam urat tinggi, kolesterol tinggi, gangguan akibat kecelakaan, tindak kekerasan dan lain-lain.

Melalui kegiatan Posbindu inilah dapat dilakukan pengecekan berkala untuk kategori penyakit tidak menular seperti yang sudah disebutkan di atas. Harapannya adalah masyarakat dapat melakukan pengobatan lanjutan di Puskesmas/Klinik Pengobatan terdekat apabila ada indikasi mempunyai keluhan.

Sedangkan seperti yang kita ketahui, Posyandu Balita adalah untuk anak-anak mulai usia 0 bulan sampai dengan usia 60 bulan atau 5 tahun. Kegiatan ini meliputi penimbangan berat badan, pengukuran tinggi badan serta lingkar kepala untuk melakukan deteksi dini jika terjadi hal yang tidak diinginkan, seperti kelainan tumbuh kembang balita serta balita kurang gizi, gizi buruk, dan stunting.

Pentingnya membawa Balita ke Posyandu Balita adalah orang tua dapat memantau langsung tumbuh kembang anak serta dapat berkonsultasi langsung dengan petugas kesehatan yang mendampingi kegiatan Posyandu Balita. Selain itu, dalam kegiatan Posyandu Balita juga dapat membantu pemenuhan gizi anak dengan pemberian Makanan Pendamping Tambahan (PMT).

Dalam pelaksanaanya Pemerintah Desa Nglongsor dibantu oleh Puskesmas yang diwakili MUSRIYATIN selaku Bidan Desa Nglongsor dan juga dibantu oleh Kader Posyandu Lansia, Kader Posbindu dan kader posyandu balita.

Masyarakat sangat antusias dalam kegiatan ini dan berharap kegiatan ini dapat dilaksanakan secara terus menerus secara rutin, agar bisa melakukan pengecekan kesehatan dasar gratis seperti cek berat badan,tinggi badan dan tensi darah. Tidak hanya disitu saja, masyarakat yang ikut serta dan terdeteksi mengalami keluhan sakit juga mendapatkan obat gratis dari puskesmas.

 

Komentar atas POSYANDU LANSIA, POSBINDU PTM DAN POSYANDU BALITA POS 2 DESA NGLONGSOR

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
 

Layanan Mandiri


Silakan datang / hubungi perangkat Desa untuk mendapatkan kode PIN Anda.

Masukkan NIK dan PIN!

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Jumlah pengunjung

Lokasi Nglongsor

tampilkan dalam peta lebih besar